My Music

image1 image2 image3 image4 image5 image6

HELLO.. WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|YOU CAN FOUND MY EXPERIENCE IN HERE|AND ALL OF ME|NICE TO MEET YOU :)

Apa itu init dan runlevel Linux



Mengenal init di Linux

Pada sistem operasi GNU/Linux, waktu booting setelah “extract” (unpacking) kernel image, sistem akan mengeksekusi sistem init (runlevel), sistem init (level) ini yang akan menentukan bagaimana sistem itu akan bekerja, apakah mendukung sistem jaringan untuk server/client, apakah textbase only, atau apakah menggunakan dukungan grafis (GUI)?

Untuk bahasa mudahnya, bisa dibilang init adalah proses yang pertama kali dipanggil ketika linux di boot dari init, dia akan memanggil file2 lain yang bertugas untuk menjalankan service, mounting filesystem, dll. Init merupakan inti semua proses yang akan dan sedang berlangsung. Init dapat dikonfigurasi melalu file yang terletak di /etc/inittab.


Mengenal Runlevel di Linux

Runlevel adalah sebuah kondisi pengoperasian yang telah ditetapkan pada sistem operasi mirip Unix. Sebuah sistem dapat boot ke (yaitu, mulai menjadi) salah satu dari beberapa runlevel, masing-masing diwakili oleh bilangan bulat satu digit. Setiap runlevel menunjukkan suatu konfigurasi sistem yang berbeda dan memungkinkan akses ke kombinasi yang berbeda dari proses (yaitu, kasus mengeksekusi program).

Secara default (umum) runlevel terdiri dari 7 level, dimulai dari level 0 sampai level 6, tiap level memiliki fungsi/kegunaan yang berbeda,

0 – System halt; sistem dapat dengan aman dimatikan/shutdown.
1 – Single user; jarang digunakan / hanya satu user yg dapat dugunakan.
2 – Multiple users, tidak ada NFS (network filesystem), juga jarang digunakan.
3 – Multiple users, baris perintah (yaitu, semua mode teks) antarmuka; runlevel standar untuk sebagian besar berbasis Linux perangkat keras server.
4 – User-definable
5 – Multiple users, GUI (antarmuka pengguna grafis); runlevel standar untuk sebagian besar sistem berbasis Linux desktop.
6 – Reboot, digunakan ketika restart sistem.

Oke untuk perbedaan Init dan run Levelnya... Kesimpulannya
init itu programmnya, run level itu "definisi" level berapa yang mau kamu start.
Kira-kiranya kayak nomor konfigurasi system mana yang mau kamu start.
Konfigurasinya itu yang ada di inittab dan /etc/rc?.d atau /etc/init.d/rc?.d.

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment